Cuci Tangan, Kenapa Harus dengan Sabun?

November 5, 2011 § 1 Comment

cuci tanganMencuci tangan adalah kegiatan yang umum dilakukan manusia di dunia. Tapi membasuh tangan dengan air saja tidaklah cukup. Berikut ini adalah beberapa hal penting mengapa mencuci tangan harus menggunakan sabun.

  1. Menggosok tangan dengan sabun dapat melunturkan lemak dan kotoran tempat kuman bersarang yang tak bisa larut oleh air. Aroma harum sabun juga memberi kesegaran yang menyenangkan.
  2. Tangan adalah anggota tubuh yang paling sering berhubungan langsung dengan mulut, hidung, liang telinga, dan selaput lendir, seperti di mata. Karena itu, biasakan mencuci tangan dengan menggunakan sabun, khususnya di waktu-waktu penting, seperti sebelum makan pagi, siang, dan malam, serta setelah dari toilet dan saat mandi.
  3. Cuci tangan dengan menggunakan sabun dapat mencegah sedikitnya 10 jenis penyakit, seperti diare, penyakit saluran pernapasan, disentri, iritasi kulit, biang keringat, radang tenggorokan, mata merah, jerawat, bau badan, dan tifus.
  4. Cuci tangan dengan sabun merupakan cara pencegahan penyakit paling murah tanpa teknologi tinggi, bahkan bisa dilakukan di kelompok masyarakat paling sederhana sekalipun.
  5. Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun berdampak besar pada bidang pendidikan. Tercatat diare menjadi penyebab absennya anak-anak di sekolah. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh LSM Spektra terhadap 550 siswa di 11 kabupaten di Jawa Timur membuktikan mencuci tangan dengan menggunakan sabun bisa mengurangi absensi anak sekolah hingga 11 persen.

sumber

Tagged:

§ One Response to Cuci Tangan, Kenapa Harus dengan Sabun?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Cuci Tangan, Kenapa Harus dengan Sabun? at Indonesiaku sayang, Indonesiaku Malang.

meta

%d bloggers like this: