Rancangan Hidrologi

July 3, 2010 § Leave a comment

Drainase Jalan

Hidrologi adalah ilmu pengetahuan yang membahas secara mendalam tentang air di bumi, yang meliputi terjadinya peredaran atau sirkulasi dan penyebarannya di bumi. Untuk perencanaan drainase diperlukan rancangan hidrologi sebagai berikut :
1. Perkiraan Debit Puncak
Debit puncak dibutuhkan untuk dapat mengetahui jumlah air yang akan di tampung oleh saluran, sehingga dapat dirancang saluran dengan kapasitas yang cukup untuk debit puncak tersebut.
2. Waktu Konsentrasi
Waktu konsentrasi adalah waktu yang diperlukan oleh air hujan untuk mengalir dari titik terjauh menuju suatu titik tertentu yang ditinjau pada daerah pengaliran (titk pengamatan), atau waktu yang dihitung dari mulai turun hujan sampai keadan dimana profil saluran yang ditinjau mencapai debit maksimum.
3. Intensitas Hujan
Intensitas hujan adalah ketinggian curah hujan yang terjadi pada suatu kurun waktu di mana air tersebut berkonsentrasi. Satuan untuk intensitas hujan adalah (mm/jam), yang artinya tinggi curah hujan yang terjadi sekian mm dalam kurun waktu 1 jam.
4. Periode Ulang Hujan (PUH)
Periode ulang hujan adalah waktu berulang kembalinya suatu keadaan sifat-sifat jatuhnya hujan.
Sistem saluran primer, didesain untuk meminimumkan kerusakan akibat limpasan banjir ini umumnya didesain untuk PUH 10 – 20 tahun.
5. Koefisien Pengaliran
Koefisien pengaliran merupakan perbandingan antara besarnya limpasan aliran terhadap besarnya hujan yang menyebabkan limpasan tersebut. Besarnya koefisien pengaliran dipengaruhi bebrapa faktor, yaitu : tata guna lahan, kemiringan tanah, struktur tanah dan kelembaban tanah.
6. Koefisien Storasi
Koefisien storasi digunakan pada metode rasional yang dimodifiaksi untuk perhitungan debit aliran pada daerah pengaliran saluran (DPS) yang lebih luas dari 13 km2 (1300 ha).

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Rancangan Hidrologi at Indonesiaku sayang, Indonesiaku Malang.

meta

%d bloggers like this: