Perencanaan Drainase

July 3, 2010 § Leave a comment

I.   Bangunan Pokok

Saluran drainase dimulai dari ujung awal aliran (upstream), merupakan lahan medan tebas yang bebas, lahan / persil pemukiman atau gedung umum / pemerintahan, komersial, industri dan jalan raya / umum. Ujung awal aliran mungkin berada pada DAS yang tertinggi dan mungkin juga berada pada DAS yang lebih rendah yang merupakan lahan tangkapan hujan. Bangunan pokok merupakan bangunan tubuh saluran, meliputi :

a.   Saluran tertutup

b.   Saluran terbuka serta lahan reserver (cadangan)

Urutan aliran hujan dalam DAS adalah sebagai berikut :

  1. Limpahan (overland flow)
  2. Saluran penangkap / interceptor drain
  3. Saluran lateral (pengumpul) / collector drain
  4. Saluran cabang (pembawa) / conveyor drain
  5. Saluran induk
  6. Muara (badan air penerima makro)

II.  Bangunan Penguat Saluran

a.   Krib, Bronjong dan Tanggul

¨      Krib digunakan untuk perbaikan sungai atau saluran, biasanya ditempatkan pada belokan suatu saluran. Sedimen yang terkumpul dapat memperbaiki saluran drainase sehingga penggerusan oleh aliran saluran drainse sehingga penggerusan oleh aliran saluran dapat diperbaiki / dihindarkan.

¨      Bronjong dibangun untuk menguatkan sisi saluran drainase dan untuk mencegah penggerusan oleh badan air. Bronjong dibuat biasanya dari pasangan batu kali atau beton.

¨      Tanggul dibuat untuk mencegah melimpahnya air masuk atau keluar saluran, terutama di daerah rendah dimana lebar dan kedalaman saluran kurang mampu menyalurkan aliran air hujan. Tanggul biasanya dibuat sejajar lereng yang rendah di tepi sepanjang sisi saluran.

b.   Lintasan saluran

¨      Gorong-gorong adalah bangunan perlintasan karena adanya saluran yang meliputi jalan atau bengunan. Gorong-gorong direncanakan berdasarkan sifat hodrolisnya. Kecepatan alirannya harus lebih besar atau sama dengan kecepatan self cleansing agar tidak terjadi endapan di dalam gorong-gorong.

¨      Sipon adalah suatu saluran tertutup yang di dalamnya air mengalir dari saluran atau kolam ke saluran atau kolam lainnya dimana di antara kedua ketinggian ini titik yang lebih tinggi harus dilalui.

Drainase

c.   Terjunan

Terjunan merupakan perlengkapan saluran terbuka yang dibuat apabila pada suatu titik terdapat perbedaan elevasi yang cukup besar. Selain itu, terjunan juga dibuat jika kecepatan aliran sudah melebihi kecepatan maksimum sehingga terjadinya penggerusan pada badan saluran.

III. Bangunan Penunjang

a.   Bangunan inlet, outlet dan kolam detensi

¨      Inlet (Street Inlet)

Inlet menerima air permukaan dan menyalurkannya ke saluran drainase. Sret inlet adalah bukaan  / lubang sisi-sisi jalan yang berfungsi untuk menampung dan menyalurkan limpasan air hujan yang berada di sepanjang jalan menuju saluran.

¨      Outlet / Outfall

Outlet merupan ujung saluran yang ditempatkan pada sungai / badan air penerima. Struktur bangunan hampir sama dengan struktur bangunan terjunan karena biasanya titik ujung terletak pada elevasi yang lebih tinggi dari permukaan badan air penerima.

¨      Kolam Detensi

Kolan detensi adalah kolan yang berfungsi untuk menampung limpasan air hujan, dimana air akan meresap atau menguap habis.

b.   Pompa

Pompa memiliki fungsi yang sama dengan sipon, yaitu mengalirkan air ke titik yang lebih tinggi dari suatu saluran atau kolan ke saluran atau kolam lain.

c.   Pintu air dan Klep

Klep dan pintu air merupakan bagian penunjang sistem drainase di daerah pedataran Klep digunakan terutama pada saat terjadi hujan dan pasang naik, yang berguna untuk mencegah arus balik akibat banjir makro.

IV. Bangunan Pemeliharaan

a.   Penangkap Pasir : blind inlet atau french drain

b.   Penangkap sampah : grill

c.  Manhole (sumuran pemerikasaan)

Manhole adalah suatu buakaan yang dibuat pada sistem saluran tertutup, dengan tujuan agar orang bisa keluar masuk sistem.

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Perencanaan Drainase at Indonesiaku sayang, Indonesiaku Malang.

meta

%d bloggers like this: