Tetap Bertolak ke Gaza, Freedom Flotilla Tantang Blokade Israel

June 13, 2010 § Leave a comment

Salah satu kapal peserta konvoi Freedom Flotilla (foto: pal telegraph)

Sahabatalaqsha.com -Istanbul- Tiga kapal bantuan kemanusiaan Turki, bagian dari konvoi internasional Freedom Flotilla, berlayar hari ini untuk bergabung dengan kapal-kapal Freedom Flotilla lainnya dari Eropa dan Arab di beberapa titik di Laut Mediterania sebelum secara serempak menuju ke Jalur Gaza yang diblokade.

Sebuah acara diselenggarakan oleh IHH, organisasi bantuan kemanusian Turki yang boleh dikatakan pihak yang paling sibuk dalam misi ke Gaza ini, di kawasan Sarayburnu di Istanbul, untuk melepaskan keberangkatan tiga kapal Turki itu yang kemudian bergabung dengan kapal lainnya; dua dari Britania, dan empat lainnya dari Yunani, Irlandia, Aljazair dan Kuwait.

Hampir lima puluh negara bergabung dalam kafila kapal-kapal yang membawa bantuan kemanusiaan bagi warga Gaza dan sekitar 750 orang dari sekitar 50 negara yang ikut serta tersebut. Kafila ini diharapkan mencapai tujuan (Gaza) sekitar 24 jam pelayaran dari titik pertemuan mereka di Laut Mediterania, jika tidak diganggu oleh angkatan laut Israel sebagaimana yang telah disampaikan berulang-ulang oleh Israel bahwa Israel akan menyerang kapal-kapal misi kemanusiaan ini.

Mentri luar negeri Israel telah mengadakan pertemuan dengan para duta besar negara-negara Eropa dan Turki yang ikut serta dalam konvoi Freedom Flotilla ini. Pada pertemuan itu mentri luar negeri Israel menyampaikan kepada para duta besar itu bahwa Israel tidak akan membiarkan Freedom Flotilla merapat di Gaza, tetapi ketua IHH, Fahmi Bulent Yildirim, menegaskan bahwa kafila mereka akan tetap bertolak ke Gaza, tidak peduli apapun sikap Israel.

Masih terkait dengan ancaman Israel, direktur cabang IHH di Gaza, Muhammad Kaya, hari Jum’at menyampaikan bahwa angkatan laut Israel akan mengebom kafila kapal Freedom Flotilla.

Kaya menandaskan kepada Komite Pemerintah Palestina Patahkan Blokade di Gaza, bahwa Israel akan berkonfrontasi secara terbuka kepada banyak negara, yakni negara-negara yang warganya ikut dalam konvoi itu, jika angkatan lautnya nekad menggempur kapal-kapal itu. Kaya juga menekankan bahwa para peserta misi kemanusian ini tidak akan kembali pulang, apapun risikonya, sebelum mereka menyelesaikan misi mereka. pic/ez

thanks to: sahabatalaqsha.com

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Tetap Bertolak ke Gaza, Freedom Flotilla Tantang Blokade Israel at Indonesiaku sayang, Indonesiaku Malang.

meta

%d bloggers like this: