Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Kita

June 9, 2010 § 1 Comment

Dalam menjaga kesehatannya, manusia harus minum air putih minimal dua liter sehari atau sekitar delapan gelas sehari dengan ukuran gelas 250 mililiter. Tentunya, air itu berguna sebagai pengganti cairan yang keluar dari tubuh melalui keringat, urin, dan pernapasan.
Dokter Umum, dr. Tanty Kirana mengatakan, hampir 80 persen tubuh manusia terdiri dari air. Malahan, ada dua bagian tubuh yang memiliki peranan penting dan membutuhkan banyak air yakni, darah dan otak. Bagi manusia, air adalah hal kedua yang terpenting setelah oksigen, sehingga manusia tidak akan bisa bertahan lama tanpa air.
“Namun sayangnya, masih banyak manusia yang kurang menyadari betapa pentingnya minum air putih. Mereka lebih senang meminum minuman berwarna yang mempunyai daya tarik dalam segi rasa. Padahal, beragam manfaat dapat diperoleh bila kita mau minum air putih diantaranya, menjaga kesegaran, kecantikan, membantu metabolisme tubuh, dan mengeluarkan racun dalam tubuh,” kata Tanty kepada Jurnal Bogor, kemarin.
Tanty melanjutkan, apabila tubuh tidak mendapatkan asupan air putih yang cukup, maka tubuh akan berusaha menyeimbangkan diri dengan menyedot air dari komponen tubuh. Pastinya, dimulai dari yang terdekat, yaitu darah. Kekurangan air bagi darah amat berbahaya bagi tubuh. Sebab, darah akan menjadi kental. Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan pun terganggu.
“Pada proses ini ginjal harus bekerja keras, sebab tugasnya sebagai penyaring racun dari darah akan mengalami kesulitan saat menyaring darah yang kental itu. Akibatnya, akan menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal,” tuturnya.
Nah, itu baru kekurangan air pada ginjal. Lalu bagaimana dengan otak? “Perjalanan darah yang kental tersebut juga akan terhambat saat melewati otak. Padahal, sel-sel otak paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen yang dibawa oleh darah. Sehingga fungsi sel-sel otak tidak berjalan optimal dan bahkan bisa cepat mati. Kondisi ini akan memicu terjadinya stroke,” jelas Tanty.
Selain itu, air putih juga bekerja sebagai pembersih tubuh. Maksudnya, dengan minum air putih yang cukup, usus besar akan berfungsi dengan baik. Sebab bila usus bersih, gizi makanan yang dimakan dalam sehari akan diserap secara optimal. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari penyakit sembelit dan diare.
“Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan minum air putih, di antaranya kegemukan, sakit kepala, asma, kurang darah, batu ginjal, pusing, radang tenggorokan, batuk, dan gangguan jantung,” papar Tanty.
Untuk itu, lanjut Tanty, dianjurkan setiap pagi ketika bangun tidur, minumlah air putih sebanyak 1,5 liter atau sekitar lima gelas. Hal itu sangat baik sekali bagi kesehatan jantung serta dalam melancarkan pencernaan. Memang pada awalnya, bagi yang tidak terbiasa minum setelah bangun tidur akan merasa eneg, namun lama kelamaan pasti menjadi satu kebiasaan.
“Selain itu, selalu bawa air putih dalam botol sebagai persediaan ketika tubuh tiba-tiba membutuhkan air. Bila Anda termasuk pekerja, sediakan air putih di meja kerja. Minumlah saat merasa haus dan perut terasa kembung. Jangan sampai Anda terkena dehidrasi karena kekurangan air. Karena itu, dapat membahayakan kesehatan tubuh,” pungkasnya.

Terapi Penyakit Lewat Air Putih
1. Pagi hari ketika Anda baru bangun tidur ( bahkan tanpa gosok gigi terlebih dahulu) minumlah 1,5 liter air, yaitu 5 sampai 6 gelas. Lebih baik airnya ditakar dahulu sebanyak 1,5 liter. Setelah itu anda boleh mencuci muka.

2. Hal sangat penting untuk diketahui bahwa jangan minum atau makan apapun satu jam sebelum dan sesudah minum 1,5 liter air ini.

3. Juga telah diteliti dengan seksama bahwa tidak boleh minum minuman beralkohol pada malam sebelumnya.

4. Bila perlu, gunakanlah air rebus atau air yang sudah disaring. Untuk permulaan, mungkin akan terasa sulit meminum 1,5 liter air sekaligus, tapi lambat laun akan terbiasa juga. Mula-mula, ketika latihan, Anda boleh minum 4 gelas dulu dan sisanya yang 2 gelas diminum dua menit kemudian. Awalnya Anda akan buang air kecil 2 sampai 3 kali dalam satu jam, tetapi setelah beberapa lama, akan normal kembali. Menurut penelitian dan pengalaman, penyakit-penyakit berikut diketahui dapat disembuhkan dengan terapi ini dalam waktu seperti tertulis di bawah ini:

1. Sembelit – 1 Hari
2. TBC Paru-Paru – 3 Bulan
3. Kencing Manis – 7 Hari
4. Asam Urat – 2 Hari
5. Tekanan Darah – 4 Minggu

Catatan :
Disarankan agar penderita radang atau sakit persendian dan rematik melaksanakan terapi ini tiga kali sehari, yaitu pagi, siang, dan malam satu jam sebelum makan selama satu minggu. Setelah itu dua kali sehari sampai penyakitnya sembuh.

Sumber: Jurnal Bogor

About these ads

Tagged:

§ One Response to Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Kita at Indonesiaku sayang, Indonesiaku Malang.

meta

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 496 other followers

%d bloggers like this: