Pengertian Beberapa Istilah Lingkungan

May 31, 2009 § Leave a comment

Air adalah semua air yang terdapat pada, di atas maupun di bawah permukaan tanah termasuk dalam pengertian ini air permukaan, air tanah, air hujan dan air laut yang dimanfaat di darat.
Bahan berbahaya dan beracun adalah setiap bahan yang karena sifat dan/atau konsentrasi dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan hidup manusia serta mahluk hidup lainnya.
Baku mutu air adalah batas atau kadar mahluk hidup, zat, energi, atau komponen lain yang ada dan atau harus ada dan atau unsur pencemar yang ditenggang keberadaannya di dalam air.
Baku mutu air limbah adalah ukuran batas atau kadar makhluk hidup, zat, energi, atau komponen yang ada atau harus ada dan atau unsur pencemar yang ditenggang keberadaannnya di dalam air limbah yang akan dibuang atau dilepas ke dalam sumber air dari suatu usaha atau kegiatan.
Beban pencemaran adalah jumlah suatu unsur pencemar yang terkandung dalam air atau air limbah.
Daya tampung badan air adalah kemampuan air pada sumber air untuk menerima beban pencemaran tanpa mengakibatkan turunnya kualitas air sehingga melewati batas baku mutu air yang ditetapkan sesuai dengan peruntukannya.
Eutrofikasi adalah proses pengkayaan unsur hara.
Kriteria baku kerusakan lingkungan hidup adalah ukuran batas perubahan fisik dan/atau hayati lingkungan hidup yang dapat ditenggang.
Limbah adalah sisa dari suatu usaha dan/atau kegiatan manusia baik berupa padat, cair ataupun gas yang dipandang sudah tidak memiliki nilai ekonomis sehingga cenderung untuk dibuang.
Limbah bahan berbahaya dan beracun adalah sisa suatu usaha dan/atau kegiatan yang mengandung bahan berbahaya dan beracun yang karena sifat dan/atau konsentrasinya dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan/atau merusakkan lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan hidup serta mahluk hidup lainnya.
Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan mahluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya, dalam suatu interaksi harmonis serta saling mempengaruhi kelangsungan dan kesejahteraan baik terhadap kehidupan manusia maupun mahluk hidup lainnya.
Pemantauan kualitas air adalah kegiatan pengambilan sampel air pada badan air (sungai, danau, waduk, situ) dengan mencatat kondisi lingkungan di sekitar pengambilan contoh air, pemeriksaan di lapangan dan laboratorium, serta, pelaporan hasil pemantauan dan penafsirannya yang akan menjadi bahan masukan guna penyusunan rekomendasi teknis pelaksanaan pengendalian kualitas pada badan air yang dipantau tersebut.
Pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya mahluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiatan manusia, sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.
Pencemaran lingkungan hidup adalah masuknya atau dimasukkannya mahluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia, sehingga kualitasnya turun sampai tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya.
Pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya terpadu dan sistematis untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi kebijaksanaan penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan, dan pengendalian lingkungan hidup.
Pengendalian adalah upaya pencegahan dan atau penanggulangan dan atau pemulihan.
Pengendalian kualitas air adalah upaya pencegahan dan atau penanggulangan dan atau pemulihan dan atau pelestarian kualitas air pada badan air dan sumber-sumber air sehingga mempunyai kualitas yang sesuai dengan peruntukkannya.
Pengendalian pencemaran adalah upaya pencegahan dan atau penanggulangan dan atau pemulihan kondisi air dan sum ber air dari masuknya atau dimasukkannya mahluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya menurun sampai tingkat tertentu yang menyebabkan tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya.
Sumber-sumber air adalah tempat-tempat atau wadah-wadah air yang terdapat di atas permukaan tanah, termasuk dalam pengertian ini, mata air, sungai, rawa, danau, situ, waduk, akuifer dan muara.
Sungai adalah tempat-tempat atau wadah-wadah serta jaringan pengaliran air mulai dari mata air sampai ke muara dengan dibatasi kanan dan kirinya serta sepanjang pengalirannya oleh garis sempadan.
Wilayah sungai adalah kesatuan wilayah pengelolan sumber daya air dalam satu atau lebih DAS. Untuk pulau kecil yang luasnya kurang dari 2000 km seluruh pulau ditetapkan sebagai satu wilayah sungai.
Pengendalian pencemaran air adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran air serta pemulihan kualitas air untuk menjamin kualitas air agar sesuai dengan baku mutu air.
Mutu air adalah kondisi kualitas air yang diukur dan atau diuji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Kelas air adalah peringkat kualitas air yang dinilai masih layak untuk dimanfaatkan bagi peruntukan tertentu.
Kriteria mutu air adalah tolok ukur mutu air untuk setiap kelas air
Daya tampung beban pencemaran adalah kemampuan air pada suatu sumber air, untuk menerima masukan beban pencemaran tanpa mengakibatkan air tersebut tercemar.
Air limbah adalah sisa dari hasil usaha dan atau kegiatan yang berujud cair
Baku mutu air limbah adalah ukuran batas atau kadar unsur pencemar dan atau jumlah unsur pencemar yang ditenggang keberadaannya dalam air limbah yang akan dibuang atau dilepas ke dalam sumber air dari suatu usaha atau kegiatan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Pengertian Beberapa Istilah Lingkungan at Indonesiaku sayang, Indonesiaku Malang.

meta

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 496 other followers

%d bloggers like this: